Feeds:
Pos
Komentar

Archive for Oktober, 2009

Ini bercerita tentang tokoh sufi asal Timur Tengah, Nasruddin.

Suatu hari, Nasruddin mencari sesuatu di halaman rumahnya yang penuh dengan pasir. Ternyata dia mencari jarum. Tetangganya yang merasa kasihan, ikut membantunya mencari jarum tersebut.

Tetapi selama sejam mereka mencari jarum itu tak ketemu juga.

Tetangganya bertanya, “Jarumnya jatuh dimana ?”

“Jarumnya jatuh di dalam,” jawab Nasruddin.

“Kalau jarum bisa jatuh di dalam, kenapa mencarinya diluar?” tanya tetangganya. Dengan ekspresi tanpa dosa, Nasruddin menjawab,

“Karena di dalam gelap, di luar terang.”

Begitulah, perjalanan kita mencari kebahagiaan dan keindahan.

Sering kali kita mencarinya di luar dan tidak mendapat apa-apa. Sedangkan daerah tergelap dalam mencari kebahagiaan dan keindahan, sebenarnya adalah daerah-daerah di dalam diri. Justru letak ’sumur’ kebahagiaan yang tak pernah kering, berada di dalam. Tak perlu juga mencarinya jauh-jauh, karena ’sumur’ itu berada di dalam semua orang.

Baca Tulisan Selengkapnya…

Iklan

Read Full Post »

Sering kali saya mendapatkan undangan dari teman ataupun kerabat yang mengajak untuk bergabung dengan bisnis baru (menurut mereka) yang sangat menjanjikan, biasanya diadakan pertemuan kelompok, mengundang anggota organisasi yang senior yang telah berhasil untuk membagi kisah sukses mereka.

Dan nuansa yang diberikan adalah, bahwa ini adalah model bisnis masa depan, dengan direct selling maka biaya marketing dan sales bisa di hapus yang efeknya bikin harga produk lebih kompetitif, so, nanti di suatu masa yang akan datang semua model bisnis akan seperti ini, dan kita semua akan menjadi distributor MLM.

Di Amerika sebagai tempat asal muasalnya MLM sendiri, telah dilakukan berbagai macam regulasi untuk mengatur bisnis ini seperti, minimal 70% dari produk MLM harus dijual ke pasar, bukan kepada member, dan skema pyramid adalah ilegal di negara ini.

Ciri ciri MLM secara umum adalah kerugian yang merata pada membernya, demi keuntungan segelintir orang di puncak piramid, serta sistem yang tidak membatasi jumlah distributor di suatu area tertentu adalah suatu sistem yang tidak bisa dibilang stabil.

“Bagaimana juga bila dalam satu kampung yang terdiri dari 50 Kepala Keluarga terdapat 50 warung yang jualan barang yang sama?”

Dan sebagaimana skema piramid lainnya, keuntungan para petingginya dan bagi perusahaan sponsornya berasal dari supply member baru di bawah kaki piramid yang di iming imingi janji janji kekayaan material yang berlebihan seperti mobil mewah, rumah mewah, kapal pesiar mewah, dan segala macam kemewahan duniawi lainnya.

Baca Tulisan Selengkapnya…

Read Full Post »

Pada tanggal 1 oktober kemarin, diadakan pertemuan di PBB untuk membahas isu nuklir Iran, sebelum pertemuan dilaksanakan Amerika telah menunjukkan ancang ancang untuk memberikan sangsi yang lebih berat kepada Iran jika mereka tidak meninggalkan program nuklir nya.

Semua media meliput dan menyiarkan bagaimana Amerika akan mengembargo Iran jika Iran tidak bersedia meninggalkan program nuklir mereka. Cuman ada satu yang cukup mengganjal buat saya, yaitu Amerika telah mengembargo Iran semenjak tahun 1979, dan bukan hanya baru ancaman. Jadi kalau sekarang baru ngancam, terus 30 tahun terakhir tuh apa namanya? Dan untuk apa? Coba, apa sih yang menyebabkan Iran yang ratusan tahun nggak pernah nyerang orang lain di embargo puluhan tahun oleh Amerika?

Coba aja liat disini, Sanksi pertama yang dijatuhkan Amerika kepada Iran langsung setelah rezim Shah digulingkan. Karena Amerika memberikan suaka pada Shah dan adanya rumor bahwa Amerika merencanakan kudeta di Iran  untuk menaikkan kembali Shah, sekelompok mahasiswa radikal menyerbu dan menduduki kedutaan besar Amerika di Teheran. Amerika membalas dengan membekukan asset Iran di Amerika sebesar 12 Milliar Dollar, termasuk di dalamnya Deposito, Emas, dan bermacam asset lainnya. Dan sampai hari ini, masih ada beberapa asset yang belum dicairkan.

Baca Tulisan Selengkapnya…

Read Full Post »

Kisah Api

Pada zaman dahulu ada seorang yang merenungkan cara bekerjanya Alam, dan karena ketekunan dan  percobaan- percobaannya, akhirnya ia menemukan bagaimana api diciptakan.

Orang itu bernama Nur. Ia memutuskan untuk berkelana dari satu negeri ke lain negeri, menunjukkan kepada rakyat banyak tentang penemuannya.

Nur menyampaikan rahasianya itu  kepada  berbagai-bagai kelompok  masyarakat.  Beberapa  di antaranya ada yang memanfaatkan pengetahuan itu. Yang lain mengusirnya, mengira bahwa ia mungkin berbahaya, sebelum mereka mempunyai waktu cukup untuk mengetahui betapa berharganya penemuan itu bagi mereka.

Akhirnya, sekelompok orang yang menyaksikannya memamerkan cara pembuatan api menjadi begitu ketakutan sehingga mereka menangkapnya dan kemudian membunuhnya, yakin bahwa ia setan.

Abad demi abad berlalu. Bangsa pertama yang belajar tentang api telah menyimpan rahasia itu untuk para pendeta, yang tetap berada dalam kekayaan dan kekuasaan, sementara rakyat kedinginan.

Baca Tulisan Selengkapnya…

Read Full Post »

Kira kira beberapa bulan yang lalu, di salah satu situs yang saya kunjungi di singgung cerita tentang seorang professor yang di vonis hukuman mati karena menghina Agama, Nabi, Imam, dan sistem pemerintahan yang berlaku di Negara tersebut [Iran]. Sayangnya di forum tersebut nggak di lampirkan pidato yang ‘katanya’ menghinakan tersebut, malah banyak ditemukan kata kata merendahkan dan menghinakan. eh ga tau kenapa beberapa hari yang lalu lagi iseng iseng ngebrowse nemu lagi cerita si prof dengan transkrip lengkap pidatonya yang sudah di translate ke English. Jadi tertarik bacanya.

DR. Hashem Aghajari adalah seorang dosen sejarah universitas Hamedan, wartawan, dan anggota aktif dari organisasi cacat perang veteran Irak-Iran, [Islamic Revolution Mujahideen Organization], dia kehilangan sebelah kakinya dalam perang Irak-Iran. Pada bulan Juni 2002, Aghajari meberikan pidato dalam sebuah acara peringatan 25 tahun wafatnya DR. Ali Syariati, salah seorang tokoh intelektual dan revolusi Islam iran. Di bulan Agustus tahun yang sama, Aghajari ditangkap dan dijebloskan ke penjara, dan pada tanggal 6 November dia di vonis hukuman mati oleh pengadilan Hamedan karena menghina Rasulullah, para Imam, dan menghina pejabat tinggi keagamaan Negara.

Entah mengapa, ketika saya baca itu vonisnya seperti ada sesuatu yang janggal, vonisnya adalah hukuman mati dengan cara di gantung, di penjara 8 tahun, di cambuk 74 kali, dan dilarang mengajar selama 10 tahun.

Berikut ini pidato itu dengan terjemahan sebaik yang saya bisa biar maksudnya nggak bias, jadi kalo sampe ada kata kata aneh atau nggak nyambung, mohon maaf aja deh, karena keterbatasan kosa kata yang saya miliki semata. Liat transkrip lengkapnya bisa langsung kesini http://ilrs.org/faith/aghajaritext.html. Satu hal lagi, itu tanda kurung [ini] adalah tambahan dari penerjemah original pidato ke bahasa Inggris, dan kalau tanda (ini), nah itu juga dari keterbatasan kosa kata yang saya miliki.

Baca Tulisan Selengkapnya…

Read Full Post »

Pertama kali masuk kerja, saya dipanggil bos dan beliau menceritakan sebuah kisah kepada saya, berikut ini ceritanya…

Alkisah, di suatu negara kecil bernama Nagorbakh, terdapat seorang raja muda yang baik dan dicintai oleh rakyatnya, namanya? Mas Tomi.

Mas Tomi pergi berburu, dan karena memang seorang petualang, dia nggak senang dengan segala macam protokoler dan detail pengawalan, alasannya adalah agar dia bisa lebih mudah bergerak, karena keasyikan berburu, Mas Tomi tidak memperhatikan pasukan pengawalnya, yang ternyata telah jauh tertinggal.Mas Tomi terus mengejar buruannya sampai dia melewati batas negaranya dan masuk ke wilayah kekaisaran Hanne, ketika dia sadar dimana dia berada, semua sudah terlambat, dia ditangkap oleh pasukan perbatasan.

Dia dijebloskan ke penjara oleh Ratu Maho Harhara, dan akan di hukum mati. Tapi karena desakan para penasehatnya, Ratu Maho memberikan kesempatan kepada Tomi bila dapat menjawab pertanyaan dari Ratu yang sangat sulit, maka dia akan diampuni, tapi jika tidak dapat menjawab, maka Tomi akan di eksekusi, selain itu untuk menunjukkan kebaikan hati sang ratu, dia memberikan kesempatan 1 tahun bagi Tomi untuk bebas dan mencari jawaban atas pertanyaan yang akan diajukan.

Pertanyaannya adalah:

Apa sih yang sebenarnya di inginkan oleh wanita?

Pertanyaan tersebut sungguh bikin bengong bahkan orang paling bijak dan pintar, “wah mampus deh gw, pikir Tomi”. Tapi karena nggak ada pilihan lain, ya sudah diterima lah tawaran dari Ratu Maho tadi, dan sekarang Tomi punya waktu 12 bulan untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan yang sepertinya tak terjawab tadi.

Baca Cerita Selengkapnya…

Read Full Post »

Pertama kali dapet ini di tahun awal tahun 2000an, ternyata masih ada di folder jadul, dan sesuai dengan judul dari blog ini sendiri, kisah kisah lama, enjoy…

Beberapa tahun yang lalu, ketika ibu saya berkunjung, ia mengajak saya untuk berbelanja bersamanya karena dia membutuhkan sebuah gaun yang baru. Saya sebenarnya tidak suka pergi berbelanja bersama dengan orang lain, dan saya bukanlah orang yang sabar, tetapi walaupun demikian kami berangkat juga ke pusat perbelanjaan tersebut.

Kami mengunjungi setiap toko yang menyediakan gaun wanita, dan ibu saya mencoba gaun demi gaun dan mengembalikan semuanya. Seiring hari yang berlalu, saya mulai lelah dan ibu saya mulai frustasi.

Baca Tulisan Selengkapnya…

Read Full Post »

Older Posts »